ISTIDRAJ

“HATI-HATI ISTIDRAJ”
          Pernahkah anda melihat orang yang ahli maksiat tapi selalu mudah mendapatkan apa yang ia inginkan dalam urusan dunianya ?. Pernah juga melihat orang yang tidak pernah  ibadah tapi malah banyak mendapatkan rizki ?. Ketahuilah bahwa mendapatkan kenikamtan yang demikian itu bukanlah tanda kemuliaan melainkan itu adalah istidraj. Istidraj artinya suatu jebakan berupa kelapangan rezeki padahal yang diberi dalam keadaan terus menerus bermaksiat pada Allah SWT.

 















            Hal sesuai dengan hadits nabi,” Dari Uqbah bin ‘Amir Ra, Rasulullah SAW bersabda : bila kamu melihat Allah member pada hamba dari (perkara) dunia yang diinginkannya, padahal dia terus berada dalam kemaksiatan kepada-Nya, maka (ketahuilah) bahwa hal itu adalah istidraj (jebakan berupa nikmat yang disegerakan) dari Allah.”( HR. Ahmad)
            Selain itu Allah SWT juga berfirman dalam Al-Qur’an surat Al-An’am ayat 44 yang artinya, “ Maka tatkala mereka melupakan peringatan yang telah diberikan kepada mereka, kami pun membukakan semua pintu-pintu kesenangan untuk mereka; sehingga apabila mereka bergembira dengan apa yang telah diberikan kepada mereka, kami siksa mereka dengan sekonyong-konyong, maka ketika itu mereka terdiam berputus asa.”

            Dari sedikit uraian diatas dapat menjadi bahan renungan bahwasanya ketika kita diberi ujian oleh Allah berupa kesusahan tetap bersyukurlah,  dimana ketika dalam keadaan susah kita lebih mudah mengingat Allah dan lebih dekat kepadanya. Hal itu juga menjadi bukti kasih sayang Allah kepada hambanya. Sebuah kata mutiara mengatakan “puncak dari rasa marah/benci bukan lagi ketika menegur, menyindir,dll tapi ketika diam dan sudah tidak peduli lagi”. Naudzubillahimindzalik kita termasuk hamba yang sudah tidak dipedulikan atau disayang lagi oleh Allah sehingga kita digolongkan oleh Allah dalam hamba yang mendapatkan ISTIDRAJ.


BY: AZLINA

Comments

Popular posts from this blog

IDEOLOGI IMM (IKATAN MAHASISWA MUHAMMADIYAH) : Historis IMM, 6 penegasan IMM dan Tri Kompetensi Dasar IMM